Rabu, 12 Maret 2014

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

Karya Ilmiah
PELUANG BISNIS


Disusun oleh :
Nama : Wahyu Setiani
NPM : 13.02.8607
Kelas : D3-Manajemen Informatika 04

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2014/2015
Abstrak
    Peluang bisnis adalah suatu kesempatan, celah, alternatif atau ruang untuk meluapkan ide-ide kreatifitas kita, dalam bentuk kegiatan yang menghasilkan uang, dan keuntungan.
Bisnis itu sendiri adalah kegiatan dalam menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kreatifitas kita dalam berbisnis dan memunculkan ide-ide baru. Dimana kegiatan itu pasti membutuhkan modal. Modal tidak harus dengan uang, bisa dengan jasa atau tenaga. Misalnya saja bisnis pijat, dsb.
Bahkan kita bisa memanfaatkan jasa internet sebagai modal kita dalam berbisnis, misalnya melalui blogger, website, dan iklan-iklan seperti itu.
Peluang bisnis mencakup dalam berbagai hal, dan berbagai bidang, misalnya saja dalam bidang, misalnya :
Kesehatan
Pendidikan
Jasa
Kebutuhan manusia
Kuliner
Barang pakai, dsb
Banyak sekali peluang bisnis yang ada didekat kita, tetapi sering kali kita tidak sadar akan hal itu, sehingga kita tidak bisa memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Dan karena wawasan kita yang belum luas, sering juga membuat kita menjadi tidak dapat memunculkan ide-ide kreatif dan gagasan baru untuk menciptakan sebuah bisnis. Untuk mempermudah kita dalam mendapatkan peluang bisnis, kita perlu memahami beberapa hal, yaitu :
Memperluas wawasan kita dalam berbisnis  atau usaha
Mengasah pola pikir kita dan pandangan kita, sehingga kita bisa memunculkan ide-ide kreatif kita untuk melakukan suatu bisnis atau usaha
Memperbanyak pengetahuan kita bahwa banyak sekali peluang bisnis yang ada diluar sana.
Kita harus mampu membaca situasi di lingkungan kehidupan kita

ISI
    Dalam memunculkan peluang bisnis tentu kita harus punya pandangan agar kita bisa berkreasi, dan dimana ada peluang bisnis kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik.
Peluang bisnis :
BISNIS PENJUALAN JILBAB DAN PAKAIAN MUSLIM MODERN
    Saat ini banyak sekali wanita yang berhijab, dan kebutuhan akan jilbab atau hijab dan pakaian muslim itu sangat dibutuhkan.
Melihat kebutuhan akan hijab dan pakaian muslim sangat banyak, kita dapat memanfaatkannya dengan membuka suatu usaha atau bisnis hijab dan pakaian muslim, yang tersedia dengan berbagai macam model, fashion yang menarik tetapi tetap elegan.
Kita dapat menjualnya dengan harga yang cukup terjangkau,
Hijab = mulai dari Rp10.000 – Rp50.000
Busana muslim = mulai dari Rp40.000 – Rp200.000
Pertama, kita dapat memulai bisnis ini dengan sederhana, yaitu menjual hijab dan pakaian muslim itu secara langsung, kepada teman-teman sekampus, dan teman-teman laiinnya diluar sana. Untuk menarik mereka supaya mau membeli hijab dan pakaian muslim kita, seharusnya kita terlebih dahulu akan memakainya, dan orang-orang akan melihatnya, kemudian melakukan sharing-sharing kepada calon-calon konsumen, menawarkannya kepada mereka, sehingga mereka tertarik untuk membelinya, tenang saja meskipun tidak terlalu banyak orang-orang yang kita tawari, tetapi dengan kualitas barang dan kuantitas barang yang baik, maka dari satu orang akan menjadi seribu orang, tentu kalau mereka tertarik dan menyukainya, mereka akan cerita pada yang lainnya, dan itu akan menambah konsumen kita. setelah konsumen lumayan banyak, dan keuntungan yang kita dapatkan juga lumayan banyak, kita dapat mencoba untuk membuka toko Jilbab dan busana muslim. Itu akan memperluas bisnis kita.
Sebenarnya, banyak sekali media-media yang bisa dijadikan alat untuk menawarkan barang-barang dagangan kita, menawarkan usaha kita, yaitu melalui internet yang mencakup : web, blogger, facebook, twitter, dan masih banyak lagi media social lainnya, kita juga bisa menawarkannya melalui iklan, pamflet, dsb.
Kita awali yang mudah dulu saja, yaitu memasarkan barang kita melalui media yang banyak digunakan dan mudah dijangkau seperti facebook, blogger, seperti itu. Sehingga mempermudah untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak lagi, dan mempercepat penjualan hijab dan busana muslim kita, keuntungan yang kita dapatkan dari penjualan itu tadi dapat kita gunakan untuk lebih memperluas bisnis penjualan hijab dan busana muslim kita lagi..
Sekaligus untuk tambahan biaya kuliah kitaa. .
Nahhh,, Dengan meningkatnya kebutuhan akan hijab dan busana muslim yang terjadi sekarang ini akan mempermudah kita untuk menjualnya.
Dalam mendirikan usaha itu memang susah susah gampang, butuh keberanian dan percaya diri yang besar, butuh keyakinan dan kesabaran, ketekunan dalam menjalani bisnis tersebut.
Karena banyak sekali orang-orang yang putus dijalan dalam menjalani suatu bisnis, contohnya saja didaerah tempat saya tinggal, banyak orang yang memanfaatkan peluang bisnis yang ada, mereka membuat usaha seperti membuka warung makan, counter, dsb. Tetapi kalau mereka tidak yakin dan sabar dalam menjalaninya maka bisnis itu tidak akan berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Pada kenyataanya orang-orang didaerah saya yang membuka usaha, tetapi karena tidak laku, akhirnya mereka menutup usaha mereka dan berhenti berbisnis. Sebenarnya semua itu akan ada waktunya, mungkin belum laku karena kurang menarik, kita bisa mengubahnya menjadi lebih menarik lagi, agar konsumen mau membelinya. Kita lakukan kreatifitas-kreatifitas baru untuk menarik pelanggan.
Karena pada dasarnya berbisnis itu akan melatih dan meningkatkan kreatifitas kita


REFERENSI
Pemikiran Sendiri
Dari Wikipedia
Buku Peluang Bisnis



0 komentar:

Posting Komentar